Arbanur Orbita

Navigasi Web
Komunitas Seminggu Sebuku
Rahasia hidup panjang umur dan bahagia

Komunitas Seminggu Sebuku

#TantanganMenulis Hari Ke-97

Di saat pandemi ini kegiatan yang paling sering dilakukan adalah eksplor dunia maya. Berselancar didunia maya mempunyai keuntungan tersendiri bila kita menggunakannya dengan bijak. Selain bisa menemukan orang yang sudah lama tidak berjumpa, juga info-info yang menarik lainnya. Tak disangka saat berselancar saya menemukan komunitas  belajar satu buku setiap minggu melalui cerita yang dibawakan oleh tokoh, professional dan anggotanya. Komunitas ini  bernama “Seminggu Sebuku”.

Seminggu Sebuku berdiri dua bulan yang lalu dan sudah membahas 8 buku. Untuk informasi group menggunakan aplikasi Whatsapp group dan untuk pertemuannya menggunakan zoom meeting. Peserta dalam zoom meet kurang lebih 100 orang dari berbagai latar belakang pekerjaan. Kegiatan ini dilakukan pada pukul 19.00 wib.

Pada Hari Kamis, 9 Juli 2020 mengupas buku berjudul “Ikigai : The Japanese Secret to a long and happy life” dan pemaknaan buku oleh F.X Husni. Terkuak misteri masyarakat Okinawa, Jepang bisa hidup panjang umur dan bahagia. Mereka menggunakan empat konsep dalam kehidupan yaitu passion, mission, vocation, and profession yang dapat bertemu satu sama lain.

Buku ini penuh dengan wisdom terutama dari budaya Jepang, nilai-nilai yang diajarkan tidak memaksa. Ikigai bercerita tentang irisan dari :

~Apa yang kita sukai

~Apa yang dibutuhkan dunia

~Apa yang bisa menghasilkan

~Apa yang kita mahir dalam sesuatu

Ikigai sendiri tidak hanya selalu tentang pekerjaan, namun lebih luas mengenai “alasan kita hidup.” Orang Jepang sendiri percaya setiap manusia memiliki Ikigai masing-masing yang membuat mereka bersemangat untuk menjalani kehidupannya.

Setelah mengetahui isi buku Ikigai, tertarik juga ingin mengetahui lebih banyak tentang Ikigai dan mencari Ikigai diri.

@rbita, 10/07/2020

Tantangan 180 hari menulis

DISCLAIMER
Konten pada website ini merupakan konten yang di tulis oleh user. Tanggung jawab isi adalah sepenuhnya oleh user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini, namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.

Laporkan Penyalahgunaan

Komentar

Tertarik juga membaca bukunya

10 Jul
Balas

iya bunda Endah, saya juga ingin membaca sendiri jadinya

10 Jul

Siip,Bu. Buku yg bagus.

11 Jul
Balas



search

New Post